Thursday, June 30, 2016

Opini - Excel sebagai Aplikasi Database ?

Ide untuk menulis hal ini sebetul sudah lama. Tapi kebetulan kemarin malam, ada seseorang yang bertanya grup Facebook Komunitas Excel VBA, dan inti pertanyaan nya adalah kalau mau buat aplikasi, kenapa nggak langsung aja pake MS Access ?.

Dengan segala keterbatasan, yang saya paham tentang konsep sebuah Database singkatnya adalah sekumpulan Informasi sejenis yang terdiri dari satu atau beberapa Tabel yang saling berhubungan. Dan dalam Tabel tersebut paling tidak mempunyai satu atau beberapa Field (kolom) dan Record (Baris). Dan Excel dalam hal ini sudah mewakili bahwa dengan sebuah Sheet kita dapat menciptakan sebuah Tabel. Ada Kolom dan Baris. Tapi walaupun begitu, Excel bukanlah sebuah aplikasi Database yang terintegrasi. Excel adalah sebuah aplikasi Spreadsheet. Itulah sebabnya Microsoft menciptakan MS Access yang dibuat memang untuk Aplikasi Database.

Maka berikut jawaban saya :
  1. Apabila kasus nya tidak butuh Database yang saling berkaitan / Relational Database
  2. Apabila kasus nya tidak butuh banyak Tabel
  3. Volume Datanya <= 5000 an baris / Rows per bulan

Maka kalau kondisi tersebut diatas terpenuhi, maka menggunakan Excel VBA untuk pilihan menciptakan sebuah aplikasi sih sah-sah aja :) walaupun mau tetap bersikeras menggunakan Excel VBA untuk menciptakan sebuah aplikasi Database, ya monggo..

Atau mungkin, sebagai alternatif pilihan, gunakan Excel VBA sebagai perantara / interface nya, dan tabel-tabel Database nya gunakan Aplikasi MS Access atau MySQL. Walaupun secara Ilmu saya belum kesampaian :)

Pesan saya, kalau mau buat sebuah aplikasi yang betul-betul sebuah Database, artinya Tabel-tabel nya saling berhubungan dan terintegrasi, maka akan sangat bijak sana untuk memilih aplikasi yang betul-betul aplikasi Database semacam MySQL, MS Access, SQL Server dan yang lain nya.

Akhir kata, ini hanya sebuah Opini. Silahkan utarakan pendapat anda :)

No comments:

Post a Comment